Kamis, 06 Desember 2012


  1. 1.  Terangkan tentang Kumparan (Coil)

    Kumparan (Coil)

    Gambar 43. Kumparan Inti udara dan inti Besi
    Gambar 43. Kumparan Inti udara dan inti Besi
    Coil adalah suatu gulungan kawat di atas suatu inti. Tergantung pada kebutuhan, yang banyak digunakan pada radio adalah inti udara dan inti ferrite. Coil juga disebut inductor, nilai induktansinya dinyatakan dalam besaran Henry (H).
    Dalam pesawat radio, coil digunakan :
    1. Sebagai kumparan redam
    2. Sebagai pengatur frekuensi
    3. Sebagai filter
    4. Sebagai alat kopel (penyambung)
    2. Berilah contoh gambar Kumparan  beserta simbolnya 
     
     
     gb.simbol coil
    3. Terangkan tentang Transformator (Trafo)

    Prinsip Kerja Transformator
    Komponen Transformator (trafo)
    Transformator (trafo) adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC). Transformator terdiri dari 3 komponen pokok yaitu: kumparan pertama (primer) yang bertindak sebagai input, kumparan kedua (skunder) yang bertindak sebagai output, dan inti besi yang berfungsi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan.

    Bagian-Bagian Transformator

    Contoh Transformator                    Lambang Transformator
    Prinsip Kerja Transformator 
    Prinsip kerja dari sebuah transformator adalah sebagai berikut. Ketika Kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik, perubahan arus listrik pada kumparan primer menimbulkan medan magnet yang berubah. Medan magnet yang berubah diperkuat oleh adanya inti besi dan dihantarkan inti besi ke kumparan sekunder, sehingga pada ujung-ujung kumparan sekunder akan timbul ggl induksi. Efek ini dinamakan induktansi timbal-balik (mutual inductance).
    Pada skema transformator di samping, ketika arus listrik dari sumber tegangan yang mengalir pada kumparan primer berbalik arah (berubah polaritasnya) medan magnet yang dihasilkan akan berubah arah sehingga arus listrik yang dihasilkan pada kumparan sekunder akan berubah polaritasnya.




    Hubungan antara tegangan primer, jumlah lilitan primer, tegangan sekunder, dan jumlah lilitan sekunder, dapat dinyatakan dalam persamaan:




    Vp = tegangan primer (volt) 

    Vs = tegangan sekunder (volt)
    Np = jumlah lilitan primer
    Ns = jumlah lilitan sekunder
    Simbol Transformator
    Berdasarkan perbandingan antara jumlah lilitan primer dan jumlah lilitan skunder transformator ada dua jenis yaitu:
    1. Transformator step up yaitu transformator yang mengubah tegangan bolak-balik rendah menjadi tinggi, transformator ini mempunyai jumlah lilitan kumparan sekunder lebih banyak daripada jumlah lilitan primer (Ns > Np).
    2. Transformator step down yaitu transformator yang mengubah tegangan bolak-balik tinggi menjadi rendah, transformator ini mempunyai jumlah lilitan kumparan primer lebih banyak daripada jumlah lilitan sekunder (Np > Ns).
    Pada transformator (trafo) besarnya tegangan yang dikeluarkan oleh kumparan sekunder adalah:
    1. Sebanding dengan banyaknya lilitan sekunder (Vs ~ Ns).
    2. Sebanding dengan besarnya tegangan primer ( VS ~ VP).
    3. Berbanding terbalik dengan banyaknya lilitan primer,
     Sehingga dapat dituliskan:

    Penggunaan Transformator
    Transformator (trafo) digunakan pada peralatan listrik terutama yang memerlukan perubahan atau penyesuaian besarnya tegangan bolak-balik. Misal radio memerlukan tegangan 12 volt padahal listrik dari PLN 220 volt, maka diperlukan transformator untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik 220 volt menjadi tegangan listrik bolak-balik 12 volt. Contoh alat listrik yang memerlukan transformator adalah: TV, komputer, mesin foto kopi, gardu listrik dan sebagainya.
    4.  Berilan contoh gambar trafo dan simbol elektronikanya
                                                                                   gb. trafo

    gb. simbol trafo
    5. Terangkan tentang Integrated Circuit

    Posted by MohDuro On 19 Agustus, 2012
    Pengertian Integrated Circuit / IC | Integrated Circuit atau biasa disebut dengan IC adalah suatu rangkaian elektronik yang dikemas menjadi satu kemasan yang kecil. Atau beberapa rangkaian yang besar yang diintegrasikan menjadi satu dan dikemas dalam kemasan yang kecil.

    Satu IC yang kecil dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen Elektronika. Bentuk IC bisa bermacam-macam, ada yang berkaki 3 misalnya LM7805, ada yang persis 
    seperti transistor dan ada pula yang berkaki banyak contohnya LM741 atau seperti pada peralatan modern saat ini handphone, tablet, Personal Computer (PC) yang memiliki kaki sampai ratusan dan lainnya.
    Pengertian Integrated Circuit (IC)
    Bentuk IC seperti Transistor
    Bentuk IC bermacam selain seperti gambar diatas ada juga yang menyerupai sisir (single in line)
    Pengertian Integrated Circuit (IC)
    Bentuk IC single in line
    Bentuk Integrated Circuit (IC) lain adalah segi empat dengan kaki-kaki berada pada ke empat sisinya, dan  IC berbentuk dual in line (DIL)  kakinya hanya berada pada kedua sisi.
    Pengertian Integrated Circuit (IC)
    IC DIL & Kaki IC berada pada keempat sisinya
    Cara membaca nomor urut kaki IC : Integrated Circuit (IC) yang berbentuk bulat dan dual in line, kaki-kakinya diberi bernomor urut dengan urutan sesuai arah jarum jam, kaki nomor SATU selalu diberi tanda titik (bulatan kecil). Setiap IC ditandai dengan nomor type, nomor type ini biasanya menunjukkan jenis IC, jadi bila nomornya sama maka IC tersebut sama fungsinya. Kode lain menunjukkan pabrik pembuatnya, misalnya operational amplifier type 741 dapat muncul dengan tanda uA741, LM741, MC741, RM741, SN72741 dan sebagainya. Semoga Bermanfaat !! 
    6. Berilah contoh gambar dan simbol elektronikanya
                                                                                                            gb. integrated circuit

     gb. simbol ic
    7. Apa yang dimaksud dengan bit, byte, nibble
     Bit
    Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Teori informasi juga sering menggunakan digit natural, disebut nit atau nat. Sementara, komputasi kuantum menggunakan satuan qubit, sebuah potongan informasi dengan kemungkinan informasi tersebut bernilai benar.
    Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner. Lambang yang digunakan adalah bit, dan kadang-kadang (secara tidak resmi) b (contohnya, modem dengan kecepatan 56 kbps atau 56 kilo bit per second/detik). Satuan ini dikenal juga sebagai shannon, dengan lambang Sh.

    Claude E. Shannon pertama kali menggunakan kata bit dalam sebuah karya ilmiah pada tahun 1948. Ia menjelaskan bahwa kata tersebut berasal dari John W. Tukey, yang pada tanggal 9 Januari 1947 menulis sebuah memo kepada Bell Labs. Di dalam memo tersebut, beliau memendekkan kata "binary digit" (digit biner) menjadi "bit".
    Bit bekerja seperti saklar lampu, dalam arti sebuah bit bisa "menyala" atau "mati". Sebuah bit dapat bernilai "satu" atau "nol", "benar" atau "salah". Bit juga dapat memuat informasi untuk membedakan dua hal yang bertentangan satu sama lain. Sebagai contoh, sebuah bit dapat menandakan apakah seseorang adalah "warga negara Indonesia". Bit tersebut bernilai "benar" apabila orang tersebut adalah "warga negara Indonesia", dan bernilai "salah" apabila tidak.

    Satuan

    Bit, sebagai sebuah satuan, adalah jumlah informasi yang dapat dibawa oleh dua pilihan yang mempunyai kemungkinan yang sama. Bit melambangkan kapasitas dari sebuah digit biner. Satu bit sama dengan 0.693 nat (ln(2)), atau 0.301 hartley (log10(2)).
    Bit lebih menekankan pada penyimpanan data sebagai digit biner, dan biasa digunakan ketika membicarakan tentang kapasitas data. Shannon, walaupun mempunyai arti yang sama dengan bit, lebih mekekankan pada jumlah informasi yang dikandung.

    Singkatan/lambang

    Sampai saat ini, belum ada persetujuan atas lambang resmi yang dapat digunakan untuk bit dan byte. Patokan yang sering dikutip, IEC 60027 oleh International Electrotechnical Commission, menetapkan bahwa "bit" adalah lambang untuk satuan bit, sebagai contoh "kbit" untuk merujuk pada kilobit. Akan tetapi, patokan tersebut tidak menetapkan lambang apa yang dapat digunakan untuk byte.
    Patokan lain yang juga sering dikutip, IEEE 1541 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers menetapkan "b" sebagai lambang untuk bit, dan "B" untuk byte. Konvensi ini banyak dipakai dalam ilmu komputer, tetapi belum diterima secara internasional, karena beberapa halangan berikut:
    • kedua simbol ini sudah dipakai untuk satuan lain: "b" untuk barn dan "B" untuk bel;
    • "bit" adalah singkatan dari "binary digit", jadi tidak ada alasan untuk menyingkatnya lagi;
    • biasanya lambang untuk sebuah satuan hanya menggunakan huruf besar jika satuan tersebut dinamakan untuk menghormati seseorang;
    • istilah byte tidak digunakan di negara-negara berbahasa Perancis, negara-negara ini menggunakan istilah octet (lambang: "o"), sehingga sulit untuk membuat persetujuan secara internasional;
    Satuan bel jarang digunakan sendirian, karena biasanya bel digunakan dalah bentuk decibel, atau "dB". Jadi, kemungkinan konflik antara "B" untuk byte dan bel sangatlah rendah, walaupun kedua satuan ini sering digunakan dalam satu bidang, sebagai contoh dalam telekomunikasi.

    byte

    Byte adalah sebuah kumpulan bit. Saat pertama kali digunakan, byte mempunya panjang yang tidak tetap. Sekarang, byte umumnya mempunyai panjang sebesar delapan bit. Byte yang mempunyai panjang delapan bit juga dikenal sebagai octet. Sebuah byte bisa mempunyai 256 nilai yang berbeda (28 nilai, 0–255). Nilai sebesar empat bit disebut juga nibble, dan bisa mempunyai 16 nilai yang berbeda (24 nilai, 0–15).
    "Word" adalah sebuah istilah untuk kumpulan bit yang lebih besar. Tetapi, jumlah bit yang digunakan dalam sebuah word juga tidak tetap. Besar sebuah wordditetapkan oleh besarnya register dalam CPU komputer. Dalam arsitektur IA-32, sebuah "word" mempunyai besar 16 bit, dan double word atau dwordmempunyai besar 32 bit. Dalam arsitektur lainnya, word mempunyai besar 8, 32, 64, 80 bit dan lain-lain.
    Istilah untuk jumlah bit yang lebih besar dapat dibentuk dengan menggunakan imbuhan yang standar, sebagai contoh kilobit (kbit, Kb, atau ribu bit), megabit (Mbit, Mb, atau juta bit), gigabit (Gbit, Gb, atau milyar bit), dan terabit (Tbit, Tb, atau trilyun bit). Kerancuan masih sering terjadi dalam penggunaan satuan-satuan ini dan singkatannya.
    Beberapa instruksi komputer (seperti xor) bekerja dengan memanipulasi bit secara langsung.
    Kecepatan transfer data dalam telekomunikasi atau jaringan komputer biasanya menggunakan istilah bit per detik (bit per second atau bps), dan dalam satuan yang lebih modern digunakan satuan kilobit per detik (kilobit per second atau kbps), contohnya koneksi Internet (TelkomNet Instan = 56 Kbps, dan Speedy = 384 Kbps), dan yang lebih canggih lagi adalah megabit per detik (megabit per second atau Mbps), koneksi berkecepatan ini misalnya koneksi LAN (kecepatan 10 Mbps/100 Mbps).

    Konversi Bit

    • 1 byte = 8 bit
    • 1 kilobyte = 1.024 byte
    • 1 megabyte = 1.024 kilobyte
    • 1 gigabyte = 1.024 megabyte
    • 1 terabyte = 1.024 gigabyte
    • 1 exabyte = 1.024 terabyte
    Sesungguhnya, satuan bit itu bukan per seribu, namun tepatnya per seribu dua puluh empat (1024). Untuk pembulatan, biasa digunakan 1000.

    nibble 
     Dalam komputasi , menggigit (sering nybble atau bahkan nyble untuk mencocokkan vokal daribyte ) adalah empat- bit agregasi, [1] atau setengah oktet . Sebagai menggigit mengandung 4 bit, ada kemungkinan nilai enam belas (2 4), sehingga menggigit sesuai dengan satu heksadesimaldigit (dengan demikian, sering disebut sebagai " digit hex "atau" hexit ")
    .
    Sebuah full byte (oktet) diwakili oleh dua digit heksadesimal, karena itu, adalah umum untuk menampilkan byte informasi sebagai dua camilan. Menggigit ini sering disebut "semioctet" atau "kuartet" dalam jaringan atau telekomunikasi konteks. rujukan? ] Terkadang himpunan semua 256nilai byte direpresentasikan sebagai tabel 16 , 16 × yang memberikan kode heksadesimal mudah dibaca untuk setiap nilai.

    Isi 

      [hide] 
    • 1 Sejarah
    • 2 Daftar camilan
    • 3 Contoh
    • 4 Mengekstrak menggigit dari byte
    • 5 Lihat juga
    • 6 Referensi
    • 7 Pranala luar

    [ sunting ]Sejarah

    Salah satu penggunaan tercatat awal istilah "nybble" pada tahun 1977 dalam kelompok teknologi konsumen-perbankan di Citibank yang menciptakan pra- ISO 8583 standar untuk pesan transaksional, antara mesin kas dan Citibank pusat data, di mana Nabble yang merupakan informasi dasar unit.
    The "menggigit" Istilah berasal dari fakta bahwa "byte" istilah adalah homophone dari bahasa Inggris "gigitan" kata. Menggigit adalah gigitan kecil, yang dalam konteks ini diartikan sebagai "setengah gigitan". The ejaan alternatif "nybble" sejajar dengan ejaan "byte", seperti yang tercantum dalam editorial di Kilobaud dan Byte pada awal tahun 1980. rujukan? ]
    Menggigit ini digunakan untuk menggambarkan jumlah memori yang digunakan untuk menyimpan digit dari nomor yang tersimpan dalam format desimal dikemas dalam sebuah mainframe IBM. Teknik ini digunakan untuk membuat perhitungan lebih cepat dan lebih mudah debugging. Sebuah byte 8-bit terbelah dua dan masing-masing menggigit digunakan untuk menyimpan satu digit. Menggigit terakhir dari variabel yang disediakan untuk tanda. Dengan demikian variabel yang dapat menyimpan hingga sembilan digit akan "dikemas" dalam 5 byte. Kemudahan debugging dihasilkan dari angka yang dibaca dalam hex dump di mana dua hex angka yang digunakan untuk mewakili nilai byte, sebagai 16 × 16 = 2 8.
    Secara historis, ada kasus di mana istilah "nybble" digunakan untuk satu set bit kurang dari 8, tetapi belum tentu 4. Dalam garis mikro Apple II , banyak dari kontrol disk drive yang diimplementasikan dalam perangkat lunak. Menulis data ke disk dilakukan dengan mengubah halaman 256-byte ke set 5-bit atau, kemudian, 6-bit camilan, loading data dari disk yang diperlukan sebaliknya. Perhatikan bahwa byte panjang juga memiliki ambiguitas ini, pada satu waktu, byte berarti satu set bit tetapi tidak harus 8. Saat ini, istilah "byte" dan "menggigit" pada umumnya mengacu pada 8 - dan 4-bit koleksi, masing-masing, dan tidak sering digunakan untuk ukuran lainnya.Istilah "semi-menggigit" digunakan untuk merujuk pada koleksi 2-bit, atau setengah menggigit.

    Daftar camilan

    Enam belas camilan dan setara dalam sistem angka lainnya:













    0 hex=0Desember=0Oktober
    0000

    1 hex=1Desember=1Oktober
    0001

    2 hex=2Desember=2Oktober
    0010

    3 hex=3Desember=3Oktober
    0011













    4 hex=4Desember=4Oktober
    0100

    5 hex=5Desember=5Oktober
    0101

    6 hex=6Desember=6Oktober
    0110

    7 hex=7Desember=Okt
    0111













    8 hex=8Desember=10Oktober
    1000

    9 hex=9Desember=11Oktober
    1001

    Hex A=10Desember=12Oktober
    1010

    B hex=11Desember=13Oktober
    1011













    C hex=12Desember=14 oct
    1100

    D hex=13Desember=15Oktober
    1101

    E hex=14Desember=16Oktober
    1110

    F hex=15Desember=17Oktober
    1111












    [ sunting ]Contoh

    (Biner ke Heksadesimal)
    0100 0010 = 42
    0010 0000 1001 = 209
    0001 0100 1001 = 149
    0011 1001 0110 = 396
    0001 0000 0001 = 101
    0011 0101 0100 = 354
    0001 0110 0100 = 164

    [ sunting ]Mengekstrak menggigit dari byte

    Dalam bahasa pemrograman C :
     # Define HI_NIBBLE (b) (((b) >> 4) & 0x0F)
     # Define LO_NIBBLE (b) ((b) & 0x0F) 
    dimana b harus menjadi variabel atau konstan tipe data integer. (Tentu saja, jika b lebih dari byte lebar, hanya satu dari byte akan dipertimbangkan).
    Misalnya, HI_NIBBLE(0xAB)==0xA dan LO_NIBBLE(0xAB)==0xB .
    Dalam Common Lisp :
     (Defun hi-menggigit (b)
       (Ldb (byte 4 4) b))
     (Defun lo-gigit (b)
       (Ldb (byte 4 0) b))

    8. Apa yang dimaksud dengan kilobyte, kilobyte per detik, kilobit dan kilobits per detik(kpps)
     KB, MB, GB, Kbps, Mbps, MHz, GHz,... %-(

    Processor Intel Core 2 Duo 2,2 GHz FSB 1033MHz
    Ram 2GB DDR2
    Harddisk 250GB
    Modem 56Kbps
    ...

    Apakah Anda sering membaca berbagai angka dan huruf "ajaib" itu setiap kali hendak membeli komputer? Para salesman komputer selalu menonjolkan angka dan satuan tersebut sebagai kelebihan produk mereka, padahal seringkali orang awam dibingungkan oleh berbagai istilah komputer. Salah satunya adalah satuan bit, byte dan Hertz. Berikut penjelasan singkatnya.
     



    Bit (b) adalah satuan bilangan biner, hanya bisa berisi angka 1 (satu) atau 0 (nol), tidak ada lainnya. Jadi "1001" adalah bilangan 4 bit, "10100010" adalah bilangan 8 bit.
     
    Byte (B) adalah satuan sebuah karakter, bisa berupa angka, huruf atau simbol lainnya. 1 Byte dilambangkan dengan bilangan biner 8 bit. Jadi 1 byte = 8 bit. Byte dapat berisi angka, huruf, tanda baca atau karakter khusus. Ada 256 macam karakter yang mungkin, yang diatur dalam tabel ASCII. Misalkan huruf A adalah '01000001', Z adalah '01011010'
    Hertz (Hz) adalah satuan frekuensi, atau banyaknya sesuatu terjadi dalam satu detik. Gelombang diukur dalam Hertz, sehingga 50 Hz berarti gelombang tadi mengalami 50 siklus naik dan turun dalam 1 detik.
    Dalam komputer, kecepatan sebuah prosesor menjalankan instruksi juga dihitung dalam Hertz, sehingga 100 Hz berarti prosesor itu mampu menjalankan 100 instruksi dalam 1 detik.

    Lalu untuk angka yang sangat besar, dipakai awalan untuk melambangkan ribuan, jutaan, milyaran, dst. karena tidak praktis untuk menuliskan begitu banyak nol.
     
    1 K (Kilo) = 1.000 x
    1 M (Mega) = 1.000.000x
    1 G (Giga) = 1.000.000.000x
    Namun khusus untuk satuan bit dan byte, terkadang dipakai 1 K = 2 pangkat 10 = 1.024, bukan 1.000. Ini memang agak membingungkan karena berbagai pihak seringkali memakai standar yang berbeda untuk hal yang sama.
    1 K (Kilo) = 1.024 x
    1 M (Mega) = 1.024 x 1.024 = 1.048.576x
    1 G (Giga) = 1.024 x 1.024 x 1.024 = 1.073.741.824x

    Jadi sebuah prosesor 2,2 GHz (GigaHertz) berarti prosesor itu mampu menjalankan 2.200.000.000 (dua milyar dua ratus juta) instruksi dalam satu detiknya, dan sebuah file 315 KB berarti berisi 332.800 (315 x 1.024) byte atau karakter.
     

    Kapasitas memori (RAM) dan kapasitas harddisk menggunakan satuan yang sama, yaitu MB (MegaByte) atau GB (GigaByte) meskipun keduanya menjalankan fungsi yang berbeda. Ini dikarenakan "benda" yang mereka simpan adalah sama, yaitu data. Bedanya memori hanya menyimpan sementara untuk segera diproses oleh prosesor dan akan hilang jika aliran listrik dimatikan, sedangkan harddisk menyimpan secara (relatif) permanen.
     

    Sebuah fenomena yang cukup unik selalu terjadi dalam pengukuran kapasitas harddisk, dimana produsen memakai 1 GB = 1.000.000.000 B sementara sistem komputer menghitung 1 GB sebagai 1.073.741.824 B. Akibatnya kapasitas menurut komputer selalu lebih kecil dari kapasitas yang tertera. Misalkan pada sebuah harddisk 80GB, kapasitas penyimpanannya adalah 80 x 1.000.000.000 = 80.000.000.000 byte, sedang komputer akan menganggapnya = 80.000.000.000 / 1.073.741.824 = 74,505 GB. 

    Jadi jangan heran jika kita menjumlahkan semua kapasitas partisi sebuah harddisk, jumlah yang muncul lebih kecil dari kapasitas yang disebutkan dalam brosur penjualan.
    (Bahkan seolah belum cukup membingungkan, kapasitas disket dan beberapa merk flashdisk diukur dengan 1MB = 1.024.000 B, sehingga 1GB adalah 1.024.000.000 B)

    Lalu untuk kecepatan koneksi (jaringan LAN, internet, dsb), seringkali dipakai satuan bit per second atau bps (dengan cara ini angka kecepatan menjadi seolah-olah lebih besar dibanding jika dipakai satuan Byte per second atau Bps). Jika koneksi internet Anda berkecepatan 386 Kbps (huruf b kecil berarti bit) berarti koneksi itu maksimal dapat "mengalirkan" 395.264 bit (bilangan nol dan satu) tiap detiknya ke komputer Anda. Karena 1 byte = 8 bit, maka 386 Kbps = 48,25 KBps (perhatikan huruf B besar yang melambangkan Byte) atau 49.408 karakter per detik.
     
    Mendownload sebuah file 315KB dengan koneksi itu akan memakan waktu 6,735 detik (waktu download sebenarnya akan sedikit lebih lama karena adanya header paket data dan kecepatan itu adalah kecepatan maksimal, bukan kecepatan aktual).
    9. Apa yang dimaksud dengan hertz (Hz), megahertz dan gigahertz
       hertz
    • Berasal dai penemuan seorang ahli fisika Jerman (Heinrich Rudolf) yang menemukan satuan pengukuran untuk frekuensi radio dan listrik.
    • Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik.
    megahertz
    • Satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik.
    • Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat.
    • Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik.
    gigahertz
    • Satu gigahertz sama dengan 1.000 megahertz (MHz) atau 1,000,000,000 Hz. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan pemrosesan komputer. Selama bertahun-tahun, komputer kecepatan CPU diukur dalam megahertz, tetapi setelah komputer pribadi gerhana tanda 1.000 Mhz sekitar tahun 2000, gigahertz menjadi unit pengukuran standar. Setelah semua, lebih mudah untuk mengatakan “2.4 GHz” daripada “2.400 Megahertz.”
    • Sementara gigahertz ini paling sering digunakan untuk mengukur kecepatan prosesor, hal ini juga dapat mengukur kecepatan bagian lain dari komputer, seperti RAM dan cache belakang. Kecepatan komponen ini, bersama dengan bagian lain dari komputer, juga mempengaruhi kinerja keseluruhan komputer. Karena itu, ketika membandingkan komputer, mengingat jumlah gigahertz bukan satu-satunya hal yang penting.                                             
    10. Sebutkan satuan untuk kecepatan suatu processor PC !
     Satuan Kecepatan Data dalam komputer
    1.      Bit (Binary digit, angka biner)
    • Bit merupakan satuan data terkecil.
    • Nilainya Cuma 1 dan 0.
    • Bit mempunyai makna apabila tidak berdiri sendiri, dalam hal ini bit akan bermakna ketika terdiri dari beberapa bit.
    • Dalam perhitungan biner ada sejumlah ystemr yang dipakai, yaitu ystem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya.
    2.      Byte
    • Byte terbentuk dari kumpulan dari 8 bit.
    • Sebuah byte mewakili angka decimal 0 – 255.
    • Byte juga digunakan dalam symbol ASCII (American Standart Code for Information).
    3.      Kilobyte
    • Satu kilobyte bukan berarti 1000 byte, tetapi nilai dari 1 kilobyte = 1.024 byte.
    • Untuk mudahnya, diperbolehkan memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter.
    4.      Megabyte (MB)
    • 1 MB sama dengan 1.048.576 byte.
    • Memory komputer pada umumnya diukur dalam satuan megabyte.
    5.      Gigabyte
    • 1 gigabyte sama dengan 1.024 MB.
    • Satuan ini biasanya digunakan pada penyimpanan data yang besar seperti hardisk atau jenis flasdisk yang berkapasitas lebih dari seribu megabyte.
    6.      Terabyte
    • 1 terabyte sama dengan 1.024 Gb.
    • Untuk saat ini terabyte merupakan satuan terbesar dalam alat penyimpanan data.
    7.      Kilobit
    • Satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte.
    • Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer.
    • Satu kilobit sama dengan 1000 bit.
    8.      Megabit
    • Megabit merupakan kelipatan dari satuan bit untuk informasi digital atau penyimpanan kommputer.
    • 1 megabit = 106 bits = 1000 kilobit.
    • Satuan megabit memiliki symbol unit Mbit atau Mb.
    • Menggunakan ukuran byte umum dari 8 bit.
    • Satu Mbit = 125 kilobyte (kB) atau sekitar 122 kibibytes (KIB).
    9.      Hertz (Hz)
    • Berasal dai penemuan seorang ahli fisika Jerman (Heinrich Rudolf) yang menemukan satuan pengukuran untuk frekuensi radio dan listrik.
    • Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik.
    10.  Megahertz
    • Satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik.
    • Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat.
    • Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik.
     11. Gigahertz
    • Satu gigahertz sama dengan 1.000 megahertz (MHz) atau 1,000,000,000 Hz. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan pemrosesan komputer. Selama bertahun-tahun, komputer kecepatan CPU diukur dalam megahertz, tetapi setelah komputer pribadi gerhana tanda 1.000 Mhz sekitar tahun 2000, gigahertz menjadi unit pengukuran standar. Setelah semua, lebih mudah untuk mengatakan “2.4 GHz” daripada “2.400 Megahertz.”
    • Sementara gigahertz ini paling sering digunakan untuk mengukur kecepatan prosesor, hal ini juga dapat mengukur kecepatan bagian lain dari komputer, seperti RAM dan cache belakang. Kecepatan komponen ini, bersama dengan bagian lain dari komputer, juga mempengaruhi kinerja keseluruhan komputer. Karena itu, ketika membandingkan komputer, mengingat jumlah gigahertz bukan satu-satunya hal yang penting.
    0

    Add a comment



  2. Processor
    INTEL Processor Pentium [G630] - Processor Intel PentiumINTEL Processor Pentium [G630]
    Processor Intel Pentium
    Dual Core, 2.7 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
    Rp602,000



    Motherboard

    MSI Motherboard Socket LGA1155 [B75A-G43] - Motherboard Intel Socket LGA1155MSI Motherboard Socket LGA1155 [B75A-G43] Motherboard Intel Socket LGA1155
    Socket LGA1155, Intel® H61 (B3), DDR3 Dual Channel, SATA III, PCIe 3.0 x 16, Audio
    Rp1,139,600



    VGA CARD
    AFOX Radeon HD 5570 [AF5570-2048D3H2] - VGA Card AMD RadeonAFOX Radeon HD 5570 [AF5570-2048D3H2]
    VGA Card AMD Radeon
    ATI Radeon HD5570, 2GB DDR3, 128-bit, DVI, D-sub, HDMI, PCI-e 16x 2.1
    Rp641,000



    MEMORY

    CRUCIAL Memory PC 1x 4GB DDR3 PC-10600 [CT51264BA1339] - Memory Desktop DDR3CRUCIAL Memory PC 1x 4GB DDR3 PC-10600 [CT51264BA1339]
    Memory Desktop DDR3
    1x 4GB DDR3 PC-10600
    Rp220,000



    CASING
    POWERLOGIC Mini Tower Climatica [220TX] - Desktop Case Mini TowerPOWERLOGIC Mini Tower Climatica [220TX]
    Desktop Case Mini Tower
    Mini Tower, PSU 500W
    Rp427,000





    KEYBOARD/MOUSE
    LOGITECH Keyboard USB K120 [920-002582] - Keyboard Cable USBLOGITECH Keyboard USB K120 [920-002582]
    Keyboard Cable USB
    Keyboard, USB
    Rp96,800

    LOGITECH Optical Mouse B100 [910-001439] - Mouse Cable USBLOGITECH Optical Mouse B100 [910-001439]
    Mouse Cable USB
    800 dpi, Optical mouse, USB
    Rp60,500


    MONITOR

    AOC Monitor LCD [N941Sw] - Monitor LCD 15 inch - 19 inchAOC Monitor LCD [N941Sw]
    Monitor LCD 15 inch - 19 inch
    18.5", 1366×768, 0.3 mm, 5ms, 60000:1, 200 cd/m², Widescreen.
    Rp947,100


    OPTICAL DRIVE
    BUFFALO DVSM-PC58U2VW - White - Optical Drive ExternalBUFFALO DVSM-PC58U2VW - White
    Optical Drive External
    External DVD-RW 8x, USB 2.0
    Rp352,000
    TOTAL BELANJA =                    Rp 4.292.400
    0

    Add a comment



  3. Pengertian Hambatan, Arus, Tegangan dan Bunyi Hukum Ohm 1. Arus 
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya.
    I = Q/T
    Pada zaman dulu, Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif, sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya.
    Satuan SI untuk arus listrik adalah ampere (A).

    2. Hambatan
    Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik dapat dirumuskan sebagai berikut:
    R = V/I
    atau
    di mana V adalah tegangan dan I adalah arus.
    Satuan SI untuk Hambatan adalah Ohm (R).
    3. Tegangan 
    Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensi listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial sebuah medan listrik untuk menyebabkan aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensi listrik satu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi.
    V= I .R
    Satuan SI untuk Tegangan adalah volt (V).
    4. Hukum OHm
    Pada dasarnya sebuah rangkaian listrik terjadi ketika sebuah penghantar mampu dialiri electron bebas secara terus menerus. Aliran yang terus-menerus ini yang disebut dengan arus, dan sering juga disebut dengan aliran, sama halnya dengan air yang mengalir pada sebuah pipa.
    Tenaga (the force) yang mendorong electron agar bisa mengalir dalam sebauh rangkaian dinamakan tegangan. Tegangan adalah sebenarnya nilai dari potensial energi antara dua titik. Ketika kita berbicara mengenai jumlah tegangan pada sebuah rangkaian, maka kita akan ditujukan pada berapa besar energi potensial yang ada untuk menggerakkan electron pada titik satu dengan titik yang lainnya. Tanpa kedua titik tersebut istilah dari tegangan tersebut tidak ada artinya.
    Elektron bebas cenderung bergerak melewati konduktor dengan beberapa derajat pergesekan, atau bergerak berlawanan. Gerak berlawanan ini yang biasanya disebut dengan hambatan. Besarnya arus didalam rangkaian adalah jumlah dari energi yang ada untuk mendorong electron, dan juga jumlah dari hambatan dalam sebuah rangkaian untuk menghambat lajunya arus. Sama halnya dengan tegangan hambatan ada jumlah relative antara dua titik. Dalam hal ini, banyaknya tegangan dan hambatan sering digunakan untuk menyatakan antara atau melewati titik pada suatu titik.
    Untuk menemukan arti dari ketetapan dari persamaan dalam rangkaian ini, kita perlu menentukan sebuah nilai layaknya kita menentukan nilai masa, isi, panjang dan bentuk lain dari persamaan fisika. Standard yang digunakan pada persamaan tersebut adalah arus listrik, tegangan ,dan hambatan.
    Symbol yang digunakan adalah standar alphabet yang digunakan pada persamaan aljabar. Standar ini digunakan pada disiplin ilmu fisika dan teknik, dan dikenali secara internasional. Setiap unit ukuran ini dinamakan berdasarkan nama penemu listrik. Amp dari orang perancis Andre M. Ampere, volt dari seorang Italia Alessandro Volta, dan ohm dari orang german Georg Simon ohm.
    Simbol matematika dari setiap satuan sebagai berikut “R” untuk resistance (Hambatan), V untuk voltage (tegangan), dan I untuk intensity (arus), standard symbol yang lain dari tegangan adalah E atau Electromotive force. Simbol V dan E dapat dipertukarkan untuk beberapa hal, walaupun beberapa tulisan menggunakan E untuk menandakan sebuah tegangan yang mengalir pada sebuah sumber ( seperti baterai dan generator) dan V bersifat lebih umum.
    Salah satu dasar dalam perhitungan elektro, yang sering dibahas mengenai satuan couloumb, dimana ini adalah besarnya energi yang setara dengan electron pada keadaan tidak stabil. Satu couloumb setara dengan 6.250.000.000.000.000.000. electron. Symbolnya ditandai dengan Q dengan satuan couloumb. Ini yang menyebabkan electron mengalir, satu ampere sama dengan 1 couloumb dari electron melewati satu titik pada satu detik. Pada kasus ini, besarnya energi listrik yang bergerak melewati conductor (penghantar).
    Sebelum kita mendefinisikan apa itu volt, kita harus mengetahui bagaimana mengukur sebuah satuan yang kita ketahui sebagai energi potensial. Satuan energi secara umum adalah joule dimana sama dengan besarnya work (usaha) yang ditimbulkan dari gaya sebesar 1 newton yang digunakan untuk bergerak sejauh 1 meter (dalam satu arah). Dalam british unit, ini sama halnya dengan kurang dari ¾ pound dari gaya yang dikeluarkan sejauh 1 foot. Masukkan ini dalam suatu persamaan, sama halnya dengan I joule energi yang digunakan untuk mengangkat berat ¾ pound setinggi 1 kaki dari tanah, atau menjatuhkan sesuatu dengan jarak 1 kaki menggunakan parallel pulling dengan ¾ pound. Maka kesimplannya, 1 volt sama dengan 1 joule energi potensial per 1 couloumb. Maka 9 volt baterai akan melepaskan energi sebesar 9 joule dalam setiap couloum dari electron yang bergerak pada sebuah rangkian.
    Satuan dan symbol dari satuan elektro ini menjadi sangat penting diketahui ketika kita mengeksplorasi hubungan antara mereka dalam sebuah rangkaian. Yang pertama dan mungkin yang sangat penting hubungan antara tegangan, arus dan hambatan ini disebut hokum ohm. Ditemukan oleh Georg Simon Ohm dan dipublikasikannya pada sebuah paper pada tahun 1827, The Galvanic Circuit Investigated Mathematically. Prinsip ohm ini adalah besarnya arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar metal pada rangkaian, ohm menemukan sebuah persamaan yang simple, menjelaskan bagaimana hubungan antara tegangan, arus, dan hambatan yang saling berhubungan.
    HUKUM OHM
    E = I R
    I = E / R
    R = I / E
    Kesimpulan :
    • Tegangan dinyatakan dengan nilai volts disimbolkan dengan E atau V.
    • Arus dinyatakan dengan amps, dan diberi symbol I
    • Hambatan dinyatakan dengan ohms diberi symbol R
    • Hukum Ohm: E = IR ; I = E/R ; R = E/I
    Besarnya daya pada suatu rangkaian dapat di hitung dengan :
    P = V . I atau P = I2 . R atau P = V2/ R
    Dimana :
    P : daya, dalam satuan watt
    V : tegangan dalam satuan volt
    I : arus dalam satuan ampere
    Contoh Soal Latihan:
    Sebuah bangunan rumah tangga memakai lampu dengan tegangan pada instalansi lampu rumah tangga tersebut adalah 220 Volt, dan arus yang mengalir pada lampu tersebut adalah 10 ampere, berapakah hambatan pada lampu tersebut, hitunglah?
    JAWAB :
    dik :
    V = 220 Volt
    I = 10 Amper
    Dit : hambatan…………….?
    JAWAB
    R = V/R
    R = 220/10 = 22 ohm
    Jadi hambatan yang mengalir adalah 22 ohm
    Contoh Soal Latihan:
    Didalam suatu rumah tinggal, terpasang sebuah lampu dengan tegangan 220 Volt, setelah di ukur dengan amper meter arusnya adalah 2 ampere, hitunglah daya yang di serap lampu tersebut ?
    JAWAB :
    dik :
    V = 220 Volt
    I = 2 Amper
    Dit : Daya…………….?
    JAWAB
    P = V.I
    P = 220. 2 = 440 Watt
    RESISTOR 
    Resistor dapat disebut juga sebagai tahanan atau hambatan dimana resistor digunakan untuk menghambat aliran dari arus listrik yang diberikan. Resistor memiliki nilai yang disebut resistansi dalam satuan ohm dengan lambang omega(). Dengan simbol seperti gambar dibawah
    RESISTOR POTENSIOMETEVARIABELRESISTORTRIMPOTHERMISTORLIGHDEPENDENTRESISTOR
    Gambar 1. Simbol berbagai macam resistor 


      
    Gambar 2.Berbagai macam bentuk resistor Resistor memiliki bentuk, jenis dan kapasitas bermacam-macam. Seperti pada Gambar 2. terdapat berbagai macam jenis resistor dan juga dalam berbagaikemampuan disipasi daya biasanya ditentukan dalam satuan Watt. Macam-macamresistor dapat dibedakan sebagai berikut :
    Resistor biasa atau biasanya nilai resistansinya dikodekan pada warnagelangnya dengan nilai resistansi tetap atau tidak dapat diubah.
    Variabel resistor atau dapat disebut juga resistor yang nilai resistansinyadapat diubah-ubah sesuai spesifikasinya (Contohnya : potensiometer,trimpot).
    VR linier atau perubahan sudut putar linier terhadap nilai resistansi(Contoh penerapan digunakan untuk sensor).
    VR logaritmis atau perubahan sudut putar logaritmis terhadap nilairesistansi.(Contoh penerapan pada audio)
    Thermistor atau resistor yang dipengaruhi oleh perubahan suhu atautemperatur (Contohnya : NTC dan PTC)
     NTC adalah Negative Temperature Coefisien dimana perubahan suhu berbanding terbalik terhadap perubahan resistansi.
      
    PTC adalah Positive Temperature Coefisien dimana perubahan suhu berbanding lurus terhadap perubahan resistansi.
    LDR (Light Dependent Resistor) adalah resistor yang dipengaruhi oleh perubahan cahaya.Tipe resistor yang umum adalah berbentuk tabung dengan dua kakitembaga di kiri dan kanan. Pada badannya terdapat lingkaran membentuk gelangkode warna untuk memudahkan pemakai mengenali besar resistansi tanpamengukur besarnya dengan Ohmmeter. Kode warna tersebut adalah standar manufaktur yang dikeluarkan oleh EIA (Electronic Industries Association) sepertiyang ditunjukkan pada Tabel1
    Tabel 1. Tabel kode warna resistor Biasanya warna gelang toleransi berada pada badan resistor yang paling pojok atau juga dengan lebar yang lebih menonjol, sedangkan warna gelang yang pertama agak sedikit ke dalam.
    Resistor merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah rangkaian elektronika. Anda dapat melihat resistor hampir pada semua rangkaian elektronika. Beberapa fungsi dari Resistor ialah sebagai berikut:
    • Membatasi arus listrik yang mengalir ke komponen lain. Beberapa komponen elektronika, misalnya LED (Light Emiting Diode) membutuhkan arus listrik agar bisa bekerja. Tetapi apabila arus yang mengalir pada LED tersebut terlalu besar maka dapat merusak LED tersebut. Anda dapat menggunakan resistor untuk mengatasi masalah ini.

    • Mengurangi tegangan pada suatu bagian di rangkaian elektronika. Beberapa rangkaian elektronika membutuhkan tegangan kerja yang berbeda – beda pada setiap bagiannya. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan resistor. Sambungan resistor seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. merupakan rangkaian pembagi tegangan. Misalnya anda mempunyai 2 buah resistor yang nilainya sama, maka tegangan diantara kedua resistor tersebut ialah setengah dari tegangan yang menyuplai resistor tersebut.
    Gambar 1. Resistor Sebagai Pembagi tegangan.
    Nilai dari sebuah resistor dinyatakan dalam satuan Ohm, dan direpresentasikan dengan huruf dari abjad Yunani yaitu Ω (Omega). Semakin tinggi “Ohm” dari suatu resistor maka semakin besar pula resistansi dari resistor tersebut. Secara umum tipe resistor ada dua macam, yaitu Resistor tetap (fixed resistor) dan Resistor Variabel (variable resistor). Perbedaannya adalah sebagai berikut:
    • Resistor tetap mempunyai nilai resistansi yang sudah ditentukan. Nilai resistor tersebut biasanya dibaca menggunakan kode warna. Kode warna dimulai pada gelang yang paling dekat dengan ujung resitor, kode warna biasanya terdiri atas 4, 5 atau bahkan 6 gelang warna, untuk lebih jelasnya Lihat gambar 2.

    Gambar 2. Kode warna yang digunakan untuk menentukan nilai resistor.
    • Resistor variabel atau yang biasa disebut potensiometer memiliki tahanan yang dapat berubah – ubah secara kontinyu dari nilai resistansi yang paling rendah (minimum) sampai nilai resistansi yang paling besar (maksimum). Nilai maksimum potensiometer biasanya tercetak pada potensiometer itu sendiri.
    Tidak semua resistor menggunakan kode warna. Kadang nilai resistor mungkin tercetak pada resistor itu sendiri tanpa menggunakan kode warna. Resistor seperti ini biasanya disebut precision resistor, nilai sebenarnya resistor ini sangat mendekati atau sama dengan apa yang tercetak pada resistor tersebut. Membaca Kode Warna
    Untuk dapat membaca kode warna, mari kita lihat tabel 1.
    Tabel 1. Kode warna standard 4 gelang
    sekarang silahkan anda pahami Tabel 1. diatas. Untuk lebih jelasnya lebih baik langsung ke contohnya saja.
    contoh:

    Gambar 3. Resistor dengan kode warna Merah, kuning, oranye, silver.
    Nilai dari resistor pada Gambar 3. diatas adalah:
    Gelang Pertama : Merah = 2
    Gelang Kedua : Kuning = 4
    Gelang Ketiga : Oranye = 1000
    Gelang Keempat : Silver = 10 %
    maka nilai resistor tersebut ialah (24 * 1000)Ω dengan toleransi 10 % atau 24KΩ + 10% .

    Kapasitor

     Kapasitor digunakan antara lain untuk:

    • Membuat Timer: Biasanya digunakan pada metronome (pengatur tempo musik), kapasitor di pasangkan bersama resistor untuk mengatur cepat lambatnya tempo.
    • Memperhalus (Filter) Tegangan Output: Biasanya digunakan pada power supply ( Adaptor AC ke DC ), kapasitor dipasang agar tegangan output yang dihasilkan lebih halus sehingga tegangan DC lebih konstan.
    • Menahan Arus DC, Meneruskan Arus AC: Biasanya digunakan pada rangkaian audio. Kapasitor dipasang seri dengan input rangkaian audio, sehingga sinyal yang masuk kerangkaian merupakan sinyal audio (AC) tanpa interfensi dari sinyal DC yang berasal dari Power Supply.

    • Mengatur Frekuensi: Biasanya digunakan pada rangkaian Oscilator dan Filter, dengan mengatur kapasitas kapasitor dapat merubah frekuensi cutt off dari suatu rangkaian filter.
    Secara typikal kapasitor mempunyai dua metal yang dipisahkan oleh suatu bahan yang disebut dielektrikum. Biasanya bahan dielektrikum ialah keramik, mika atau kertas.
    Tabel 1. Dielektrikum kapasitor
    TypeRangePenggunaan
    Ceramic1pF-2.2μFFilter, bypass
    Mika1pF-1μFTiming,osilator
    Metalized Foilto 100μFDC Blocking, power supply, filter
    Polyester0.001-100μFsda
    Polystyrene10pF-10μFTiming, Tuning circuit
    Kertas0.001-100μFGeneral purpose
    Tantalum0.001-1000μFBypass,coupling,DC Blocking
    Alumunium10-220.000μFFilter coupling, bypass electrolic
    Kapasitas kapasitor dinyatakan dalam Farad. Semakin besar Farad-nya maka semakin besar pula kapasitas dari kapasitor tersebut. Farad adalah satuan yang sangat besar, jadi pada rangkaian elektronika kita lebih sering menjumpai kapasitor dengan satuan mikrofarad atau sepersatujuta Farad.
    Contoh:
    • 10μF adalah 10 per satujuta Farad
    • 1nF adalah 1 per seribu mikroFarad
    • 1pF adalah 1 per seribu nanoFarad
    Kapasitor juga mempunyai tegangan kerja, biasanya pada rangkaian DC berkisar dari 3,3V sampai 25V. Jangan menggunakan kapasitor yang tegangan kerjanya lebih rendah dari tegangan kerja yang ditentukan, kalau lebih tinggi tidak apa-apa. Lebih baik memilih kapasitor yang tegangan kerjanya 10 – 15 persen lebih besar dari tegangan rangkaian.
    Berbeda dengan resistor, untuk menentukan nilai kapasitor kita tidak menggunakan kode warna, tetapi menggunakan kode angka. Angka pertama dan kedua langsung di representasikan sebagai angka, sedangkan angka ketiga ialah banyaknya nol atau faktor pengali. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel 2.
    Tabel 2. Kode Angka Kapasitor

    Sama seperti resistor, kapasitor juga mempunyai nilai toleransi yang di lambangkan dengan huruf seperti yang ditunjukkan pada tabel 3.
    Tabel 3. Toleransi Nilai Kapasitor

    Selain itu kapasitor juga mempunyai nilai tolrensi untuk tempratur (batas suhu maksimum dan minimum). Misalnya ada sebuah kapsitor mempunyai kode Y5P, maka maksudnya kapasitor tersebut bekerja pada suhu minimum -30 derajat C, suhu maksimum 85 derajat C dan 10% variasi kapasitansi pada cakupan suhu -30 derajat C sampai 85 derajat C. Lebih jelasnya dapat dilihat di tabel 4.
    Tabel 4. Toleransi suhu kapasitor

    Apabila kamu menemukan kapasitor berpolaritas seperti elco atau tantalum maka kamu harus menentukan kaki positif dan negatif dari kapasitor tersebut.Biasanya kaki positif dari sebuah kapasitor lebih panjang dari kaki negatif, atau biasanya pada badan kapasitor terdapat anak panah yang menunjuk ke kaki negatif atau pada badan kapasitor terdapar tanda ( + ) yang melingkar dekat pada kaki postif kapasitor tersebut. Lebih jelas bisa dilihat pada gambar 1.
    Gambar 1. Kapasitor berpolaritas.

    Cara Menghitung Ukuran Resistor

    Misal :

    Resistor dengan gelang warna :

    I. Coklat : 1
    II. Hitam : 0
    III. Merah : 00
    IV. Perak : 10%

    Jadi nilai resistor tersebut adalah 1000 Ohm atau 1 K Ohm dengan toleransi 10% artinya nilai aslinya bisa berkisar antara 900 Ohm – 1100 Ohm. Angka 900 didapat dari 1000 – (1000 x 10%) dan 1100 Ohm dari 1000 + (1000 x 10%).

    GABUNGAN RESISTOR

    Resistor Hubung Seri


    Resistor yang dihubungkan seri nilai hambatannya adalah Rt = R1 + R2 + R ...
    Misal : 1K Ohm + 1K Ohm = 2K Ohm




    Resistor Hubung Paralel

    Resistor yang dihubungkan paralel hasilnya adalah 1/Rt = 1/R1 + 1/R2 + 1/R .....
    Misal : 1K Ohm diparalel dengan 1K Ohm hasilnya adalah 0,5 K Ohm.




    Mengukur Resistor Dengan Multi Tester

    1. Pastikan anda sudah melakukan zerro Ohm adj.
    2. Putar batas ukur pada Ohmmeter (pastikan batas ukur lebih tinggi atau hampir sama dengan perkiraan resistor yang diukur).
    3. Hubungkan probe ke masing-masing kaki resistor (bolak balik sama saja)
    4. Lihat penunjukan jarum pada papan skala.





    Kesimpulan Hasil Pengukuran1. Jarum menunjuk angka sesuai dengan ukuran aslinya : resistor baik
    2. Jarum menunjuk angka lebih besar / kecil dari ukuran aslinya : resistor rusak
    3. Jarum tidak bergerak sama sekali : resistor putus
    4. Jarum menunjuk angka nol : resistor short
    0

    Add a comment



  4. DISPLAY OUTPUT 
    OUTPUT DEVICE
    Output Device adalah komponen – komponen computer yang dapat menghasilkan berbagai informasi kepada penggunanya.
    Output Device terbagi menjadi :
    ·         Display Device
    ·         Printer
    ·         Speaker dan Headset
    ·         Other Output Device
    Display Device
    Display Device adalah suatu peralatan yang dapat menyampaikan informasi secara visual.
    Display Device terbagi menjadi :
    ·         LCD ( Liquid Crystal Display )
    ·         Plasma Display
    ·         CRT ( Chatode Ray Tube ) Monitor
    LCD adalah layar monitor yang berbentuk tipis, datar dan bahanya terbuat dari cairan (liquid). Monitor ini dapat digabung atau disusun secara berdampingan sesuai keinginan sehingga memungkinkan user mengerjakan atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dengan mudah.
    lcd_tvs_hero
    Contoh peralatan mobile yang menggunakan layar LCD
    ·         Notebook
    ·         Smartphones
    ·         PDA
    Plasma Display adalah layar monitor yang berbentuk tipis, datar, dan menampilkan gambar menggunakan tegangan listerik ke lapisan gas. Monitor ini lebih jelas dibandingkan monitor LCD dan tentunya lebih mahal harganya.
    philips-plasma
    CRT monitor adalah Layar dilapisi dengan titik-titik yang sangat kecil dari materi yang mengandung phosphor. Setiap titik terdiri dari phosphor yang berwarna merah, biru dan hijau (RGB).
    17-flat-crt1

    Printer
    Printer adalah suatu peralatan yang dapat menghasilkan informasi berupa text dan gambar pada kertas. Kita dapat mensetting orientasinya menjadi portrait dan landscape. Hasilnya biasa disebut printout atau hardcopy.
    canon-pixma-ip4500-inkjet-photo-printer
    Printer terdiri dari :
    Nonimpact Printer dan Impact Printer
    Nonimpact printer adalah Suatu bentuk dimana karakter dan gambar tanpa memukul kertas, jadi tintanya langsung disemprotkan di atas kertas ( ink jet printer ).
    inkjet
    Cara kerja Ink jet Printer : Resistor dengan ukuran kecil memanaskan tinta, menyebabkan tinta mendidih dan membentuk gelembung uap air. Gelembung uap air memaksa tinta melewati nozzle(alat pemercik). Tinta jatuh diatas kertas. Setelah gelembung uap air mengempis, tinta baru telah digambarkan kedalam bilik penembak.
    Laser printer adalah printer yang mempunyai kecepatan mencetak dengan kualitas tinggi. Mencetak text dan gambar dengan resolusi  mencapai 1200 sampai 2400 dpi.
    minolta-2350-en-magicolor-color-laser-printer
    Thermal printer adalah printer yang dapat menghasilkan gambar dengan dorongan pin yang dipanaskan dengan listrik ke kertas yang sensitif terhadap panas.
    thermal-print
    Mobile Printer adalah printer yang berukuran kecil, sumber tenaganya menggunakan baterai, fleksibel, memungkinkan pengguna untuk mencetak dari laptop atau PDA pada saat perjalanan.
    mobile-printer
    Label Printer adalah printer yang berukuran kecil yang biasanya digunakan untuk mencetak bar codes
    brother-ql-570-label-printer
    Plotter adalah printer besar yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar pula dan kualitas tinggi.
    plotter
    Impact printer adalah membentuk karakter dengan mekanisme pukulan yang diterima pita tinta menempel ke kertas.
    100637_epsonlx-300dot-matrix
    Dot matiks printer adalah Impact printer yang mengsilkan cetakan gambar ketika pin berkabel yang sangat kecil memukul pita (tiny wire pins).
    line printer adalah Impact printer dengan kecepatan tinggi yang mncetak seluruh baris pada satu waktu. Kecepatan diukur dari berapa baris yang dapat dicetak tiap menit (lines per minute – lpm).
    line-print

    Speaker dan Headset
    Speaker dan headset adalah audio ouput device yang menghasilkan suara, music, speech, suara lain.
    ww-headset
    Voice Output adalah Komputer berbicara (“talks”) kepada Anda lewat speaker pada    komputer .
    Other Output Device
    Fax machine adalah Peralatan yang mengirimkan dan menerima dokumen melalui jalur telephone.
     fax_machine1
    fax modem adalah Modem yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan dan menerima dokumen electronik sebagai fax.
    fax-modem
    Data projector adalah Peralatan yang membawa gambar dari layar komputer dan memproyeksikannya ke layar yang lebih besar.
    sewa-rental-lcd-projektor-projector-infocus-02192856242-92666336

    Jenis-jenis Keyboard Komputer

    Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik.

    Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

    Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.

    Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentukkeyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :
    A. Alphanumeric Key
    B. Numerik Keypad
    C. Function Key
    D. Modifier Key
    E. Cursor Movement Key.

    Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 jenis, yaitu:


    1. Keyboard Serial
    Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
    Serial
    2. Keyboard PS/2
    Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

    PS 2
    3. Keyboard Wireless
    Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

    Wireless
    4. Keyboard USB
    Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat

    Konektor USB


    Secara bentuk&tombol, keyboard terbagi atas 7 jenis, yaitu:

    1. Keyboard QWERTY

    Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut.Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
    2.Keyboard DVORAK

    Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY .

    3.Keyboard KLOCKENBERG

    Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.
    4. Keyboard Maltron

    Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
    5. Keyboard Chord
    Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi namun kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan. Berikut ini jenis-jenis keyboard chord:
    Keyboard Palantype 

    Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada
    Keyboard Stenotype

    Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
    6. Keyboard Alphabetik

    Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.
    7. Keyboard Numeric

    Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.

    Mouse Komputer


    Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse? jawabannya adalah karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus. Selain itu, kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Sebagai tambahan informasi bagi pengetahuan kita, komputer pertama yang dijual satu paket bersama dengan mouse adalah jenis Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan mouse  daripada touchpad. 
    Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse:
    1. Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
    2. Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
    3. Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0.
    4. Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
    5. Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
    6. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
    7. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
    8. Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
    9. Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter
    10. Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek
    11. Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer

      Mengenal PERIPHERAL Komputer 

      Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
      1. Peripheral utama (main peripheral)
      Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
      2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
      Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
      Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
      1. Perangkat masukan (input)
      Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
      2. Perangkat keluaran (output)
      Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
      Berikut ini contoh jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya:
      KEYBOARD

      Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frequency. 
      MOUSE
      Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Untuk versi lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Sekarang mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse. Mouse biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.

      LIGHTPEN
      Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.

      TRACKBALL
      Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.

      MONITOR
      Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya sudah berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
      Monitor juga sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor. Daya yang digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi dari kecil sampai besar.
      Jenis lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yang dilengkapi dengan teknologi untuk bisa menangkap sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin dimanjakan untuk bisa mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus, misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor saja, tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.

      PRINTER
      Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printerinkjet printer, dan laser printer.

      SCANNER
      Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).

      MICROPHONE DAN SPEAKER
      Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

      JOYSTICK
      Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

      JOYPAD/GAMEPAD
      Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

      KAMERA DIGITAL
      Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.
    0

    Add a comment



  5. Pengertian dan FUNGSI Hard Disk Drive ( HDD ) 

    HDD atau yang biasa disebut dengan hardisk  berfungsi sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windowslinuxmacintos dll. Disitulah seluruh system operasidan data-data dijalankan. Data dapat disimpan dalam HDD dengan klasifikasi / pengelompokan data lewat folder  sesuai yang kita inginkan, didalam folder pun dapat di kelompokan lagi menjadi folder-folder lain yang disebut subfolder.HDD memiliki satuan hitung kapasitasn hardisk yang disebut Byte, dapat diilustrasikan 1000 Kb(Kilo byte) =  1Mb(Mega byte, 1000Mb = 1 Gb (Giga Byte), semakin besar ukuran kapasitas byte semakin besar ruang HDD, semakin besar ruang HDD semakin banyak data yang ditampung. HDD memiliki ruang terkecil yang disebut Sector, dimanaboot sector ini merupakan lokasi paling kritis, ketika ruang sector rusak (bad sector) maka data dalam hardisk terancam untuk tidak dapat diakses/ dibaca. Pada perkembangannya type hardisk ada 2 macam, yaitu Hardisk IDE atau ata, dan Hardisk type Sata. Yang membedakan keduanya yaitu socket penghubung. Hardisk tipe ata dgn menggunakan kabel IDE sementara sata menggunakan kabel sata yg lebih kecil disbanding IDE. Juga terdapat perbedaan kecepatan RPM atau kecepatan transfer data dimana sata lebih cepat dibanding dengan IDE.



    OPTIKAL DISC DRIVE 

     

    Di dunia komputer, ODD (Optical Disc Drive) adalah Disc Drive unik yang menggunakan teknologi sinar Laser atau gelombang elektromagnetik yang berkisar dalam jangkauan sprektum cahaya, sebagai bagian dari fungsi reading (membaca) atau writing (menulis) data ke atau dari Optical Drive. Di beberapa unit, ODD hanya mampu untuk melakukan reading saja, tapi ada beberapa jenis ODD lain yang memiliki reading maupum writing. Biasanya, untuk unit yang dapat melakukan keduanya biasa disebut burner atau writer.
    Optical Drive merupakan bagian ter-integrasi dalam kebanyakan produk konsumen, seperti CD PLayer, DVD PLayer, maupun DVD Recorder. Namun, mereka juga biasa digunakan dalam komputer, guna membaca data software yang sudah disimpan dalam media Optical Disc. Bersamaan dengan flash Drive, Optical Drive seiring waktu menggantikan Storage Main Stream, seperti Floppy Disc maupun magnetik Disc di dalam komputer. Hal ini lebih dekarenakan produksi yang lebih terjangkau, dan juga makin banyaknya pheripheral yang menggunakan media ini. Baik didalam komputer maupun produk entertainment consumer.

    History
    Untuk perkembangan tipe Optical Drive yang menjadi standar massal, implementasi awalnya berasal dari perkembangan teknologi media penyimpanan untuk Optical itu sendiri. Media Optical Disc kali pertama ditemukan pada tahun 1958, dan telah dipatenkan untuk teknologinya dibeberapa tahun kemudian.
    Perkembangan berikutnya, ditemukan Optical media untuk data video dalam bentuk Laser Disc yang dikeluarkan oleh Philips, pada tahun 1978. Berlanjut setelah itu Audio Compact Disc dikeluarkan oleh Sony pada tahun 1983.
    Pada pertengahan tahun 1990, Konsorsium berbagai manufaktur mengembangkan generasi kedua dari Optical Disc, yang menghasilkan DVD.Generasi ketiga dari Optical Disc baru hadir di kisaran tahun 2000-2006, yakni Blu-ray. Blu-ray dikembangkan oleh Blu-ray Disc Association (BDA), yang terdiri dari Apple, Dell, Hitachi, HP, JVC, LG, Mitsubishi, Panasonic, Pioneer, Philips, Samsung, Sharp, Sony, TDK, dan Thomson. Format Blu-ray dikembangkan agar dapat me-record maupun playback konten video high-definition, sekaligus sebagai media penyimpanan data yang besar. Perkambangan Blu-ray bukan tanpa saingan. Dari beberapa produsen rival BDA, mengembangkan teknologi DVD lebuh lanjut menjadi HD DVD. Namun seiring waktu, dan juga spesifikasi format Blu-ray yang lebih unggul, akhirya Blu-ray yang menjadi standar de facto untuk konten HD untuk saat ini.

    Laser / Optics
    Bagian paling penting dari Optical Drive adalah Optical Path (bagian komponen Laser maupun Optic), yang ditempatkan dalam Pickup Head (PUH). Biasanya, ia dibentuk dari semi konduktor Laser, komponen lensa yang berfungsi mengarahkan sinar Laser, dan komponen Fhotodiode yang bertugas mendeteksi refleksi cahaya dari permukaan media Disc.
    Pada awalnya, Laser dari peripheral CD menggunakan cahaya Laser dengan Wavelenght sebesar 780 nm, yang termasuk ke dalam jangkauan Inframerah. Untuk peripheral DVD, Wavelenght dikurangi menjadi 650 nm (sinar warna merah), dan berlanjut pada Blu-ray Disc dengan menggunakan Wavelenght 405 nm (sinar warna ungu).
    Di dalam menggunakan fungsi Optical dari penulisan dan pembacaan data, Optical Drive menggunakan dua mekanisme Servo. Pertama sebagai pengendali jarak antara lensa dengan permukaan Disc. Hal ini agar sinar Laser tetep fokus pada titik Laser yang ada pada pemukaan Disc. Servo yang kedua berfungsi menggerakan Head lensa dari piringan radius Disc paling tengah hingga radius Disc paling ujung. Dengan ini, semua barisan dapat terbaca secara kontinu.

    Inplementasi Laser/Optic Pada Media Disc
    ROM (Read Only Memory)
    Ketika dalam proses pembuatan atau pencetakan data Disc ROM di pabrik, data dibentuk menggunakan cara di-pres. Sehingga terbentuk lubang-lubang disetiap jalur permukaan Disc. Hal ini akan membentuk serial data layaknya 1 atau 0 (digital), karena perbedaan refleksi Wavelenght sinar Laser untuk permukaan tanpa lubang dengan permukaan berlubang. Lubang ini biasanya memiliki kedalaman antara seperempat hingga seperenam Wavelenght Laser yang digunakan.

    Recordable (+/-R)
    Unit Optical Drive juga dapat secara langsung me-record data kedalam media Disc. Salah satunya yang paling awal adalah tipe Optical Drive Recordable. Drive hanya dapat menuliskan sekali saja ke dalam media Optical Disc kosong. Tipe-tipe medianya sendiri dalam bentuk CR-R, DVD-R, DVD+R, atau BD-R Disc. Proses Encoding data (biasa disebut burn), dengan cara memanaskan bagian lapisan organik dari permukaan media menggunakan sinar Laser. Hal ini akan membuat perubahan terhadap tingkat Reflektivitas dari lapisan organik tersebut. Bagian yang ipanaskan tersebut dapat dianalogikan seperti lubang-lubang yang menggunkan proses press dimedia ROM.
    Untuk Recordable Disc, proses ini adalah permanen dan media kosong hanya dapat ditulis sekali saja. Terdapat perbedaan antara sinar Laser untuk red dan record. Untuk red, biasanya hanya membutuhkan Laser berkekuatan 5 mW sedangkan untuk record membutuhkan Laser yang jauh lebih kuat lagi. Hal ini dikarenakan proses pemanasan oleh sinar Laser. Selain itu, semakin cepat proses penulisan, semakin seikit pula oleh Laser. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Laser menggunakan daya 100 mW untuk gelombang kontinu dan 225 mW. Gelombang pluse.

    Rewriteable (+/-RW)
    Pada unit tipe Rewriteable, seperti CD-RW , DVD-RW, DVD+RW, DVD-RAM, atau BD-RE bahan yang digunakan pada permukaan pada permukaan adalah Crystallinmetal Alloy. Dengan menggunakan bahan ini, proses pembakaran (burn) dapat dikondisikan lagi seperti semula melalui pemakaian data Laser yang bervariasi.
    Terdapat dua mobel Optical Drive untuk jenis kapasitas dua kali lipat. Pertama, model Double-Sided yang menempatkan permukaan data pada setiap sisi Disc. Hal ini cukup memudahkan proses burn, hanya saja sedikit menyusahkan penggunaan karena untuk mengakses sisi lain harus dengan membalikan media Disc secara fisik (bongkar-pasang).
    Berikutnya adalah model Dobel Layer, yakni media Disc yang memiliki dua Layer berbeda dari satu Disc, yang dipisahkan oleh Layer Semi-Reflektif kedua Layer ini dapat diakses pada sisi Disc yang sama. Namun memerlukan Optif untuk mengubah fokus Laser agar dapat mengakses layar ke dua.

    Kompatibilitas
    Sebagian besar optikal Drive Backward Compatible dengan generasi format sebelumnya hangga ke format CD yang paling awal, meskipun hal ini tidak menjadi standar yang diharuskan.
    Awal pengembangan hardware Drive yang Backward Compatible ini, dengan mengintegrasikan dua laser ke dalam satu Head, misalnya DVD, agar dapat membaca media CD. Ini memang dikarenakan perbedaan karakteristik laser antara keduanya.

    Performa
    Standar penentuan kecepatan dari Optical Drive biasanya menggunkan tiga rating kecepatan yang berbeda, contohnya 12x/10x/32x. Angka pertama merujuk kepada kecepatan Write-Once (R), angka kedua untuk kecepatan Re-Write (RW/RE), dan terakhir menunjukan kecepatan baca Read-Only (ROM).
    Namun dengan berkembangnya kecepatan Optical Drive yang makin tinggi, beberapa permasalahan muncul salah satunya adalah buffer underrun, ini muncul biasanya karena tidak bisa terjaganya aliran data yang kontinu kepada Optical Drive Recorder. Jika aliran data terhenti, proses record akan terpaksa berhenti, dan ini kadang menyebabkan disk tidak dapat dipakai lagi .
    0

    Add a comment



  6. RAM & VGA


    Jenis-jenis RAM:


    DRAMDRAM (Dynamic Random Access Memory)
    adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.
    SRAMSRAM (Static Random Access Memory)
    adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.
    EDORAMEDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
    adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.
    SDRAMSDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
    adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
    RDRAMRDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
    adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.
    NV-RAMNV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
    merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.
    VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)
    adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.

    MENGENAL SLOT dan FUNGSINYA..

    Tidak ada salahnya jika Anda mengenal slot apa saja yang biasa dan pernah dipakai pada sistem komputer. Keuntungannya adalah Anda lebih mudah dalam memilih system komputer yang akan digunakan.
    Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan Selalu tersedia. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda. Slot menurut kebutuhan dan kemampuannya telah dibeda-bedakan, disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem itu sendiri. Misalnya, sebuah komputer biasa tidak perlu memiliki slot untuk EISA untuk SCSI, namun server sangat membutuhkan fasilitas slot ini. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki server, ada baiknya untuk memperhatikan fasilitas slot yang tersedia pada motherboard tersebut. Masing-masing slot dibedakan menurut bentuk, kecepatan, dan fasilitas yang dimilikinya. Dan setiap slot yang tersedia dalam sebuah motherboard akan mempengaruhi harga dan kinerja dari sistem itu sendiri.

    Berikut ini adalah macam-macam slot yang dikenal dalam sistem komputer :



    ISA (Industry Standard Architecture)

    Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286 sampai saat ini.
    Jika Anda melihat pada sistem motherboard Anda (motherboard jenis biasa), maka slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua.

    8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec. Sebenarnya nilai ini tidak juga dikatakan besar. Namun berhubung card yang terpasang rata-rata tidak memerlukan kecepatan yang lebih dari ini, maka slot ini dianggap masih cukup kompatibel.



    Gambar 1. Slot ISA

    EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)

    EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.



    Gambar 2. Slot EISA




    MCA (Micro Channel Architecture)

    Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Seperti EISA, MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. Namun, MCA memiliki keterbatasan. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA, pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya.Meskipun demikian, MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. MCA juga lebih kuat menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain. Sayangnya, slot ini telah menjadi sejarah, yang artinya tidak dipergunakan lagi saat ini.



    Gambar 3. Slot MCA



    VESA (Video Electronics Standard Association)

    Sesuai dengan namanya, slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec. Pada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan di belakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot


    Gambar 4. Slot VESA

     


    PCI (Peripheral Component Interconnect)
    PCI dikembangkan oleh Intel. Oleh karena itu, slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA, namun spesifikasi lainnya berbeda.
    Pada PCI, Anda tidak akan direpotkan dengan masalah konfigurasi. Sebab PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis. Berawal dari kelebihan PCI inilah, konsep Plug and Play mulai diperkenalkan.

    Gambar 5. Slot PCI


    PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

    Yang sangat mencolok dari slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya, yaitu hanya sebesar kartu kredit. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook. Namun, saat ini sudah banyak juga PC yang menyediakan slot PCMCIA. Dengan menggunakan interface 68 pin, slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. 
    PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Tipe 1 memiliki ketebalan sebesar 3,3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10,5 mm). Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk. Biasanya jika Anda memiliki slot PCMCIA tipe 3, Anda dapat juga menggunakan peripheral yang menggunakan tipe 1 dan 2, dikarenakan ketebalannya. Setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.


    Gambar 6. PCMCIA Adapter

    Bus sistem
    System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.
    Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGPbus PCIbus USBbus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.
    Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke busAGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI Express.
    Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
    Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut:
    • Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side BusHyperTransport bus, dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.
    • Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (NorthbridgeIntel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.
    • Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).
    • Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)
    • Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)
    • Bus ISA (Industry Standard Architecture)
    • Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)
    • Bus MCA (Micro Channel Architecture)
    • Bus SCSI (Small Computer System Interface]]. Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar
    • Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.
    • Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.
    Tulisan ini dibuat kira-kira setahun yang lalu, namun berhubung banyak yang bertanya, akhirnya saya publish lagi aja tulisannya ;) sekaligus menjawab rasa khawatir saya yang mendalam pada konsumen yang membeli memori hanya dengan bermodalkan “katanya” penjual.
    Bicara tentang memory(RAM), batangan ini kian hari semakin bertambah saja variannya, mulai dari tipe yang tiap waktu selalu saja ada yang baru, dan merk-merk baru yang akhirnya masuk indonesia, sampai saya pun kaget melihat harga memory tipe yang lama berjatuhan (o_o)/ harga semakin murah; tipe yang berjibun; merk-merk bergelimpangan, bagaimana kiat memilihnya?

    TSC ! TypeCapacity, dan Speed! 3 hal inilah yang akan menjadi fokus kita dalam memilih RAM untuk kompie(PC) tersayang.
    Type, kenali tipe memory yang anda perlukan
    Sampai hari ini ada 3 tipe memory yang menjadi pangsa pasar, DDR;DDR2; dan memori yang lagi hangat saat ini : DDR3. Sebenarnya apa sih yang membedakan mereka?dari segi fungsi, sebenarnya sama saja, namun kecepatannya lah yang membedakan mereka. Lalu bagaimana memilihnya?Pertama dan terutama, tipe RAM seperti apa yang di support Motherboard anda?ingat!slot antar tipe RAM berbeda. Motherboard yang ada dipasaran indo saat ini rata-rata menggunakan DDR2.
    Nah..pertanyaannya bagaimana dengan anda yang memiliki mobo lama namun sudah support DDR2?Ganti segera DDR1 anda dengan DDR2 (^_^)/ selain kecepatan yang jauh lebih cepat harga DDR2 juga semakin terjangkau. Kapankah kita menggunakan DDR3?Untuk saat ini jika anda bukanlah seorang Serious Gamer, PC Enthusiast, ataupun OC’ers tidak disarankan membeli tipe memori ini, betapa sayangnya jika kita punya motor Ducati GP8 (Tunggangan pembalap Casey Stoner) tapi cuma dipake jalan-jalan santai sore hari (+_+)r~
    Capacity, seberapa besar memory yang anda butuhkan
    Sederhananya semakin besar semakin baik, tapi bukan berarti semakin baik untuk dompet anda. Anda cukup melihat seperti apa operating system (OS) dan aplikasi yang anda gunakan sehari-hari. Jika anda menggunakan windows XP dan hanya menggunakan aplikasi kantoran, memory 512mb sudah lebih dari cukup, namun jika anda adalah seorang gamer, ataupun database administrator, dengan aplikasi-aplikasi berat yang anda jalankan gunakanlah memory lebih dari 1GB dan gunakanlah fitur Dual Channel. Bagi anda yang menggunakan OS windows vista juga sangat disarankan untuk menggunakan memory lebih dari 1 GB.
    Speed, kecepatan seperti apa yang anda inginkan
    Inilah fokus yang sering dibingungkan konsumen ketika ingin membeli memory (berdasarkan pengalaman sering mejeng di pameran dan toko komputer. Apa sih sebenarnya speed pada memory?Definisi teknisnya : kecepatan komunikasi antara prosesor dan memory, arti sederhananya : transfer data yang ada dalam 1 detik. Untuk gampangnya, misalnya anda memiliki memory dengan kecepatan 266Mhz maka terjadi 266.000.000 kali transfer data dalam waktu 1 detik. Untuk DDR sesuai dengan namanya (Double Data Rate) maka kecepatanya 2 x bus speednya.
    Lantas, apa yang dimaksud dengan PC5300 ato PC6400?Ini adalah pc module, disini terjadi perhitungan yang menarik :) Case : Anda mempunyai DDR2 800 maka
    Bus Speed = 400
    Transfer Rate = 800 x 8 = 6400 (MB/s)
    dengan kata lain PC Module anda pC6400
    Sekilas Tentang VGA, VGA Card, Video Graphics Adapter
    Apa itu VGA?

    VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

    VGA Card  adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor. Komputer harus memiliki VGA Card . VGA Card adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Semakin tinggi kemampuan VGA Card, maka semakin halus tampilan visual komputer ke monitor.

    VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

    Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

    Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
    VGA Card

    VGA Card sangat penting untuk memberikan grafis pada komputer kita, sebagai contoh adalah monitor kita, kualitas gambar yang ditampilkan di monitor sangat berpengaruh pada VGA Card kita, semakin bagus VGA Card yang kita punya, maka semakin halus dan bagus gambar yang ditampilkan di komputer.
    0

    Add a comment



  7. MOTHERBOARD


    1. Pengertian Motherboard
    Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya
    1. Fungsi motherboard
    Motherboard berfungsi untuk memasang komponen utama, seperti CPU, VGA, RAM, dll. Juga Sebagai papan sirkuit penghubung antar komponen yang terpasang pada motherboard.
    1. Bagian-bagian motherboard


      1. Socket Processor

         
    • Socket processor merupakan tempat untuk meletakkan processor.
    • Selain sistem socket, sebenarnya ada lagi sistem slot. Tetapi untuk
    processor-procesor terbaru, dimulai dari generasi Pentium III sudah tidak
    ada lagi yang menggunakan sistem slot tersebut
    • Gunakan motherboard yang socketnya sesuai dengan processor yang
    Anda pilih. Intel Pentium 3 dan celeron menggunakan socket 370, Intel
    Pentium 4 menggunakan socket 423/478, sedangkan processor AMD
    Athlon dan Duron menggunakan socket A.
    1. Socket memory

       
    • Seperti namanya, socket memori berfungsi untuk meletakkan memori atau RAM komputer pada motherboard. Bentuk socket ini berbeda untuk setiap jenis memori.
    • Ada yang 72 pin, ada yang 168 pin dan adapula yang 184 pin. Untuk RAM jenis EDO menggunakan 72 pin, SD RAM atau DIMM menggunakan 168 pin dan DDRmenggunakan 184 pin.
    • DDR2 = memiliki data rate lebih besar ketimbang DDR karena pada DDR2 memiliki data rate mulai dari 400/533/667 MBps, dengan bus frequency 200/266/333 MHz. Sedangkan data rate DDR 200/266/333/400 Mbps dan bus frequency yang dimilikinya sebesar 100/133/166/200 MHz. Untuk DDR2, memiliki voltase lebih rendah yaitu 1.8 V, sedangkan untuk pinnya sendiri memiliki 240 pin.

    1. Chipset
      Secara fisik, chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip, kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja
      Sebenarnya, lebih detail lagi dapat dijelaskan bahwa chipset tradisional pada motherboard terdiri dari dua bagian, yaitu northbridge dan southbridge. Tugas-tugas umum chipset seperti yang telah dijelaskan tadi, dibagi kepada kedua bagian chipset tersebut. Masing-masing bagian chipset (northbridge atau southbridge) mempunyai tugas sendiri-sendiri yang bersifat spesifik dan bekerja sesuai fungsinya.
      SOUTHBRIDGE, chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive,USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi denganheatsink agar lebih stabil.
      NORTHBRIDGE, chipset ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express

    2. Socket power supply
    • Konektor power adalah pin yang menyambungkanmotherboard dengan power supply.
    • Standar baru ATX 12V 2.0. beberapa perubahan pinutama yang pada ATX sebelumnya 20 pin, pada standar baru terdapat 24 pin.
    • Bahkan saat ini ada yang masih ditambah lagi dengan konektor 4 pin atau 6 pin
    1. Soket Floppy dan IDE (Harddisk, CD/DVD ROM/RW)


      Socket IDE digunakan untuk konektor kabel penghubung antara motherboard dengan harddisk dan CD drive. Sedangkan Socket Floppy, digunakan sebagai konektor kabel penghubung antara motherboard dengan floppy drive.

    2. Slot Pci Dan Agv




    3. BATRAY CMOS






    4. Port komponen ekternal


    port mouse port keyboard    port serial    VGA Card    firewire 1394    speaker    LINE-in

        serial port    USB port    LAN card    microphone




    Tips memilih Motherboard yang baik

    Motherboard
    Motherboard merupakan komponen pokok pada sebuah komputer, dasar dari  sebuah komputer, dimana kita meletakkan perangkat lainnya untuk membangun sebuah komputer. Disanalah terpasang perangkat (devices) seperti prosesor, memori (RAM), hard disk, VGA card sampai mouse dan keyboard saling berhubungan pada sebuah Motherboard.

    Motherboard memiliki 3 kelas, yaitu motherboard value, mainstream, dan high end. Value berarti motherboard tersebut memiliki spesifikasi  dengan harga yang terjangkau, baik digunakan untuk keperluan standar, seperti administrasi. Mainstream yaitu  kelas motherboard menengah, digunakan untuk home entertainment dan high end untuk gaming/server.

    Berikut ini adalah tips dalam memilih Motherboard yang baik :

    1. Sesuaikan ukuran Motherboard dengan chassis casing dan power supply komputer anda.
    Casing PC terlalu besar
    • Beberapa tipe Motherboard tidak sesuai tempat peletakannya pada komputer. Motherboard yang memiliki banyak fitur tambahan umumnya berukuran lebih besar, sehingga membutuhkan ruang yang lebih banyak didalam casing PC anda.
      Motherboard 24 pin
    • Perhatikan juga jumlah pin power pada Motherboard, apakah 20 pin atau 24 pin. Umumnya power supply jenis lama hanya dilengkapi dengan 20 pin saja, sehingga anda terpaksa harus mengganti power supply anda dengan 24 pin bila anda membeli Motherboard ini.


    2. Pilih Motherboard dengan fitur-fitur yang anda butuhkan saja.
    VGA Onboard
    • Banyak motherboard yang dilengkapi dengan segudang fitur tambahan (onboard), seperti slot PCI-Express ganda, 6 slot memori, 8 channel audio. Motherboard jenis ini harganya lebih mahal, namun anda tidak menggunakan seluruh fiturnya dengan lengkap, alias mubazir. Dan Motherboard jenis ini lebih memboroskan banyak listrik anda. Umumnya sebuah motherboard sudah dilengkapi dengan fitur seperti VGA, LAN, yang sudah terintegrasi.
    • Perhatikan juga bila anda ingin membeli kartu grafis (VGA Card) tambahan, usahakan tetap memilih Motherboard yang sudah terintegrasi  VGA nya (onboard), maksudnya yaitu apabila suatu saat VGA Card anda rusak, anda tetap bisa menggunakan komputer, tanpa harus memasang VGA Card.

    3. Pilih Motherboard dengan kompatibilitas tinggi.
    prosesor yg kompatibel

    • Maksudnya kompatibilitas tinggi yaitu, motherboard tersebut dapat cocok dengan semua jenis hardware dan software terkini. Sehingga memudahkan anda untuk memilih apa-apa saja yang bakal dipasang didalamnya. Misalnya, motherboard yang support dengan prosesor jenis baru dan lama seperti chipset AM2/AM3, ataupun operating system Windows 7.
    • Pastikan CD Driver yang disertakan up to date. Memiliki motherboard dengan kompatibilitas tinggi juga akan memudahkan anda bila berencana ingin melakukan upgrade komputer anda dimasa yang akan datang.

    4. Pilihlah chipset dan komponen Motherboard yang baik dan awet umurnya.
    • solid kapasitor
      Chipset merupakan jantung dari Motherboard. Chipset yang ditawarkan umumnya merk seperti Intel, SIS, Via, Nvidia. Usahakan memilih chipset yang terbaru, misalnya  mendukung prosesor jenis baru, memory DDR2/DDR3, Hard Disk SATA, dsb.
    • Pilihlah motherboard yang memiliki solid kapasitor, artinya komponen kapasitornya didesain padat, dan tidak mudah bocor. Kapasitor jenis ini selalu dipasang dekat dengan prosesor , dan menerima lebih banyak panas, sehingga umurnya lebih panjang dibandingkan kapasitor biasa.

    5. Pilihlah Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien.
    Heatsink menyentuh RAM

    • Pabrikan yang terkenal umumnya memiliki arsitektur/layout Motherboard yang baik. Sehingga pemasangan komponen lainnya seperti memori, prosesor dan VGA Card tidak saling menghalangi satu sama lain.
    • Motherboard yang arsitekturnya baik akan memudahkan pemasangan, sistem perkabelan dan mendukung semua ukuran periferal, serta memiliki sistem aliran udara yang baik (airflow) bila ditambahkan dengan beberapa kipas casing.




    6. Pilihlah Motherboard dari pabrikan dan merk yang terpercaya.
    Beberapa Merk Motherboard
    • Untuk hal yang satu ini, anda dapat menanyakannya kepada teman anda. Bagaimana testimoni mereka saat menggunakan merk tersebut. Dan jangan ragu untuk menanyakan secara detil tentang Motherboard yang akan anda beli kepada toko penjual.
    • Usahakan membeli motherboard pabrikan Taiwan, karena motherboard dari pabrikan Taiwan bahan bakunya lebih berkualitas dan berteknologi tinggi.






    7. Kelengkapan dan garansi Motherboard dalam kemasan saat membeli.
    • Pastikan anda menerima barang dengan kondisi lengkap. Umumnya didalam kemasan akan disertakan dua kabel Floppy/ATA/SATA, Back Panel (penutup belakang motherboard setelah dipasang pada casing), Buku manual, buku garansi, serta CD Driver.
      Kelengkapan Motherboard
    • Pastikan juga anda menerima Motherboard dengan kondisi komponen yang baik. Periksa apakah ada goresan, atau komponen yang pecah, karat,  kotoran, ataupun pin prosesor yang membengkok/patah pada saat membeli.
    • Pilihlah Motherboard yang garansinya panjang dan terpercaya. Umumnya 1 s.d 5 tahun. Dan pastikan service centernya ada dikota anda, sehingga bila suatu saat Motherboard anda rusak, anda dapat cepat membawanya ketempat service untuk diklaim garansinya, dan cepat juga selesai servisnya.

    0

    Add a comment



  8. Pengertian Prosesor

    Processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.
    Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer.
    Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
    Prosesor merupakan sebuah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

    Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

    * Aritcmatics Logical Unit (ALU)
    * Control Unit (CU)
    * Memory Unit (MU)

    Sejarah Perkembangan Mikroprocessor

    1971: 4004 Microprocessor
    Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

    1972: 8008 Microprocessor
    Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

    1974: 8080 Microprocessor
    Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

    1978: 8086-8088 Microprocessor
    Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

    1982: 286 Microprocessor
    Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

    1985: Intel386™ Microprocessor
    Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

    1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor
    Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

    1993: Intel® Pentium® Processor
    Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

    1995: Intel® Pentium® Pro Processor
    Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

    1997: Intel® Pentium® II Processor
    Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

    1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor
    Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

    1999: Intel® Celeron® Processor
    Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

    1999: Intel® Pentium® III Processor
    Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

    1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor
    Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

    2000: Intel® Pentium® 4 Processor
    Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

    2001: Intel® Xeon® Processor
    Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

    2001: Intel® Itanium® Processor
    Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

    2002: Intel® Itanium® 2 Processor
    Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

    2003: Intel® Pentium® M Processor
    Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

    2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors
    Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

    2004: Intel E7520/E7320 Chipsets
    7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

    2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
    Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

    2005: Intel Pentium D 820/830/840
    Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

    2006: Intel Core 2 Quad Q6600
    Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

    2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
    Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

    PERKEMBANGAN PROCESSOR DARI GENERASI KE GENERASI


    Definisi 
    CPU (Central Processing Unit) atau Processor adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja komputer, dengan dibantu oleh komponen lainnya. Satuan kecepatan processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (1000 MegaHeartz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
    Bagian – bagian dalam processor adalah:
    1.    ALU (Arithmetic and Logical Unit)
    Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
    Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan, kurang dari (<), kurang atau sama dengan (<=), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (=>).
    2.    CU (Control Unit)
    CU merupakan pengatur lalu lintas data yang mempunyai fungsi berikut.
    -       Mengatur dan mengendalikan alat input dan output.
    -       Mengambil instruksi memori utama.
    -       Mengambil data memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
    -       Mengirim instruksi ke ALU jika terdapat perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU.
    -       Menyimpan hasil proses ke memori utama.
    3.    MU (Memory Unit)
    MU adalah alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Digunakan untuk menyimpan data dan intruksi yang sedang diproses, sementara data dan intruksi lain yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan dalam memori utama. Memori ini disebutcache memory yang dibenamkan pada processor sehingga processor akan lebih cepat melakukan proses eksekusi.
    Berikut ini fungsi dari sebuah processor adalah:
    -       Tempat mengatur semua intruksi program pada komputer.
    -       Pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
    Istilah-istilah yang sering digunakan pada teknologi processor adalah:
    a.    Bus clock atau FSB (Front Side Bus)
    Bus clock adalah lebar jalur transfer data pada processor yang berfungsi mengirim dan mengambil data dari komponen komputer. FSB ini sering digunakan dengan istilah “PC”. Sebagai gambaran, Intel Pentium IV 1.6 Ghz PC-400, berarti processor tersebut bekerja pada bus atau FSB 400 Mhz dan dalam satu kali pengiriman data, processor mampu mengirim data sebanyak 400 juta. Kemampuan FSB pada processorharus ditunjang dengan kemampuan FSB yang dimiliki motherboard agar diperoleh kinerja yang maksimal.
    b. Clock speed processor 
    Clock speed processor adalah kecepatan processor dalam melakuan proses data atau eksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam waktu satu detik. Misalnya, Intel Pentium IV 1,6 Ghz, berarti processor mempunyai kecepatan untuk eksekusi perintah sebesar 1600 juta dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat processor tersebut menyelesaikan pekerjaannya.
    Nilai pada clock speed pada processor diperoleh dari hasil perkalian antara FSB dan multiplier yang ada pada motherboard. Contohnya, komputer Pentium IV 2,66 Ghz (2660 Mhz) dengan FSB atau PC 133 Mhz dan nilai multiplier yang digunakan sebesar 20x, sistem perkalian yang digunakan adalah clock speed (2660 Mhz) = FSB (133 Mhz) x multiplier (20).
    c. Cache memory
    Cache memory adalah jenis memori yang dibenamkan pada processor dan berfungsi menyimpan perintah yang dilakukan oleh processorCache memory pada processor dibagi menjadi dua macam:
    -       Cache first level atau dikenal dengan cache L1
    Umumnya, processor menggunakan L1 berkembang mulai darri 8Kb, 64Kb, sampai 128Kb.
    -       Cache second level atau dikenal dengan cache L2
    Cache L2 ini umumnya processor memiliki kapasitas lebih besar daripada yang digunakan pada cache L1 dan sekarang dikenal dengan istilah “core”. Pada jenis processor lama, cache L2 terdapat pada motherboard. Namun, perkembangan processor jenis yang baru cache L2 ini sudah dibenamkan langsung di dalam processor sehingga lebih mempercepat kinerja processor untuk mengeksekusi dan transfer data. Kapasitas cacheL2 berkembang mulai 128MB hingga yang terbaru mencapai 2GB.
    d.    Overclock CPU (Central Processing Unit)
    Overclock CPU adalah teknik untuk meningkatkan atau menaikkan nilai clock speed processor dari kecepatan normal yang dimiliki olehprocessorOverlock ini dilakukan dengan mengubah setting nilai FSB dan multiplier pada motherboard. Pada motherboard dan processor jenis lama, setting dilakukan dengan mengubah posisi jumper FSB atau multiplier pada motherboard, sedangkan pada jenis motherboard yang baru,setting overclock dilakukan dengan mengubah nilai FSB dan multiplier yang ada pada BIOS. Contoh teknik overclock, yaitu clock speed(2660 Mhz) = FSB (133 Mhz) x multiplier (20), diubah menjadi clock speed 2800 Mhz dengan mengganti nilai multipllier menjadi 21.
    Teknik overclock ini akan lebih mempercepat kinerja komputer, tetapi akan menyebabkan komputer lebih cepat panas dan rusak jika tidak ditunjang dengan sistem pendingin komputer yang terbaik. Processor akan lebih cepat dalam mengatur dan mengelola semua instruksi program dalam kinerjanya, jika didukung dengan kapasitas FSB dan L2 cache yang tinggi, dibandingkan dengan processor yang memiliki nilai clock speed atau CPU clock yang tinggi. Misalnya, perbandingan kecepatan processor dengan clock speed 2,8 Ghz, L2 cache 1 MB dan FSB 533 Mhz (processor kelas Pentium IV) dengan processor clock speed 1,86 Ghz, L2 Cache 2 MB, dan FSB 1066 Mhz (processor kelas Core 2 duo), kinerja processor kelas core 2 duo akan lebih cepat dibandingkan kinerja processor kelas Pentium IV, walaupun memiliki nilai clock speedlebih rendah dibandingkan processor kelas Pentium IV.
    Troubleshooting 
    Masalah pada processor biasanya menyebabkan tampilan pada layar blank tanpa bunyi apa pun. Hal ini terjadi karena:
    a.       Processor mati atau rusak
    b.      Processor terbakar akibat suhu terlalu panas yang karena melakukan overclock atau karena kipas pada processor tidak berfungsi.
    Solusinya adalah dengan mengganti dengan processor yang baru.
    Berikut ini beberapa cara untuk merawat processor, agar selalu berfungsi dengan baik:
    a.       Gunakan heatsink dan kipas yang bagus.
    b.      Sering membersihkan heatsink dan kipas yang menempel pada processor.
    c.       Rapikan kabel yang ada di dalam casing.
    d.      Hindari melakukan teknik overclock agar processor tidak mudah panas dan usia processor dapat lebih panjang.
    Perbedaan processor antar generasi
    1.    Perbedaan clock speed.
    2.    Perbedaan besar cache size.
    3.    Banyaknya Core dalam suatu processor.
    4.    Processor yang baru lebih sedikit mengkonsumsi daya listrik.
    5.    Perbedaan pada banyaknya bus system dan bus address.

    Sejarah Perkembangan Microprocessor
    Intel Processor
    1971 : 4004 Microprocessor
    Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
    1972 : 8008 Microprocessor
    Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
    1974 : 8080 Microprocessor
    Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
    1978 : 8086-8088 Microprocessor
    Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai processor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
    1982 : 286 Microprocessor
    Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakansoftware yang digunakan untuk processor sebelumnya.
    1985 : Intel386™ Microprocessor 
    Intel 386 adalah sebuah processor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
    1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
    Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
    1993 : Intel® Pentium® Processor
    Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
    1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
    Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
    1997 : Intel® Pentium® II Processor
    Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
    1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
    Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuahprocessor unik untuk sebuah pasar tertentu.
    1999 : Intel® Celeron® Processor
    Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan fromfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
    1999 : Intel® Pentium® III Processor
    Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
    1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
    Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
    2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
    Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluarprocessor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah fromfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
    2001 : Intel® Xeon® Processor
    Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server.Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
    2001 : Intel® Itanium® Processor
    Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu.Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
    2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
    Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.
    2003 : Intel® Pentium® M Processor
    Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
    2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
    Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
    2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
    7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.


    2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
    Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
    2005 : Intel Pentium D 820/830/840
    Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
    2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
    Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus dan thermal design power ( TDP )
    2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
    Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
    2008 : Intel i7
    Processor ini mempunyai code name Nehalem. Pada awalnya penggantian nama baru i7 membuat pelanggan setia intel cukup sulit mengingatnya. Beberapa keunggulan dari processor intel terbaru ini adalah:
    1.       Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
    2.       FSB (Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface.
    3.       Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor.
    4.       Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot. -    Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
    5.       Core i7 menggunakan single-die device : core (inti processor), memory controller, dan cache berada dalam satu die.
    6.       Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B (Socket LGA 1366)
    Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi  ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core. Processor i7 mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor.

    AMD Processor
    Pada AMD sendiri terjadi perkembangan processor diantaranya:
    1.       AMD K5
    AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yang mendukung Intel.Jadi motherboard yang mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.
    2.       AMD K6
    Processor AMD K6 merupakan processor generasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard ygmendukung Intel Pentium. AMD K6 sendirimasih dibagi lagi modelnya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III
    3.       AMD Duron
    AMD Duron merupakan keluarga processor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya processor ini memiliki code nama Spitfire yang dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yg “diringkas” ia memiliki semua arsitektur yang dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hamper sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Saat ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.
    4.       AMD Athlon
    AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprocessor seri AMD K6.Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industry mikro-processor high-end dan AMD ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industry mikroprocessor. Beberapa fitur tambahanprocessor ini adalah tambahan dua instruksi untuk 3DNow! Dan dua instruksi untuk MMX yang berada didalam pipeline floating point.Instruksi 3DNow! Yang dimasukan kedalam Processor AMD Athlon telah diperbaiki dan diperluas dengan menambahkan 24 interuksi untuk kalkulasi aritmetika integer.Processor ini mengungguli Intel Pentium III Katmai dan baru dapat didekati oleh Intel Pentium III Coppermine.Fitur lainya processor ini adalah AMD Athlon dapat dijadikan processor untuk system multiprocessor seperti halnya processorgenerasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, processor AMD mewujudkan computer yang memiliki dua processor AMD Athlon.
    Untuk itu AMD membuat dua jenis processor yaitu :
    1.    Single-Processor dengan nama AMD Athlon, danan yang dapat menandingi kekuatan processor Athlon. Hanya Pentium Coppermine saj
    e.
    5.    Intel Pentiun II dan Pentium III bukanlah lawa. AMD Athlon mentok pada kecepatan 1000MHz, AMD berhasil mencapai batas psikologi, menembus bat

    2.    Multiprocessor dengan nama AMD Athlon Profesional.
    3.    Keduanya dibekali teknologi yang samadengan perbedaan dukungan untuk multiprocessor.
    4.    AMD Athlon/Athlon professional dimaksudkan untuk menyaingi processor Intel Pentium II Xeon dan Intel Pentium III Xeon dengan semua keandala yang dimilikinya. Athlon menang pada arsitektur system bus, sedangkan Xeon menang pada cache level-2 yang berjalan pada kecepatan penuh walaupun Xeon berada dalam cartridgasan 1000MHz ( 1GHz) 3 hari lebih cepat sebelum Intel meluncurkan Intel Pentium III Coppermine 1 GHz. Hal ini mengakibatkan AMD mendapat predikat “Processorn of the Year” pada tahun 2000.
    5.       AMD Athlon 64
    Processor ini memiliki 3 varian socket yang berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yang mendukung penggunaan memori DDR kana ltunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Processor ini merupakanprocessor pertama yang kompatibel terhadap komputasi 64 bit. Processor ini menggunakan teknologi AMD 64 yang bisa bekerja pada sistem operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.
    6.       AMD Athlon 64 FX
    Processor ini memiliki 2 karakter penting :
    Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh. Menawarkan perlindungan virus yang disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
    System PC ygberbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yang antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.
    7.       AMD Sempron
    Processor ini adalah sebuah jajaran processor yang diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti processor AMD Duron dipasar komputer murah, untuk bersaing dengan processor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
    1.    AMD Sempron Soket A
    2.    AMD Sempron Soket 754
    Versi soket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yang dibuat berdasarkan processor AMD Athlon XP Thoroughbred, karenapadasaatitu AMD memang telah meluncurkan processor untuk pasar High-End AMD Athlon 64.
    AMD Sempron soket 754 adalah processor Sempron yang dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yang dimilikinya.
    AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yang sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Sepertihalnya AMD Athlon 64 processor ini dilengkapi dengan satu buah link Hyper Transport yang dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

    8.       AMD 64 X2 Dual Core
    Processor ini dimaksudkan untuk menyaingi apa yang dikembangkan Intel dengan processor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit,processor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yang intensif.
    Dari sisi fitur processor ini dilengkapi dengan teknologi seperti HyperTransport yang mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yang digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dari processor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yang lebih cepat dari performa aplikasi yang lebih meningkat.
    9.       AMD Opteron
    Processor ini 64 Bit yang dirilis untuk pasar workstation dan server pada musim semi 2003. Processor ini untuk menandingi processor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yang berbasis mikro arsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini dapat dibilang menang telak dilihat dari kinerja yang ditunjukkan tiap watt yang digunakan (performance/watt), tapi belum dapat menandingi efisiensi processor Intel Itanium.
    AMD juga akan meluncurkan AMD Opteron Quad Core di tahun 2008, processor AMD Opteron Quad Core menggunakan 4 inti mampu mendukung fully buffered DIMM dan menambahkan satu level L3-Cache.
    Sampai sekarang perkembangan microprocessor masih terus berlanjut dan Intel tetap merajai dunia microprocessor. Hal ini juga tidak terlepas dari Hukum Moore, yakni hukum yang dilontarkan oleh Gordon Moore pada tahun 1965. Kala itu, Moore memprediksikan jumlah transistor yang ada pada integrated circuit (IC) akan berlipat ganda setiap tahunnya.
    Pernyataan ini diperbaharui Moore di tahun 1995, dengan penelitian bahwa kelipatan ganda jumlah transistor hanya akan terjadi setiap dua tahun sekali. Hukum Moore sampai sekarang menjadi panduan bagi Intel untuk memacu processor-nya agar semakin andal, terutama peningkatan kecepatan dengan penuerunan harga yang sangat signifikan.
    Meski pertumbuhan kecepatan processor sempat mengalami masa-masa stagnan, namun pertumbuhan kecepatan processor Intel mengalami peningkatan yang mengesankan. Banyak ahli teknologi informasi di seluruh dunia, termasuk Gordon Moore, berharap hukum Moore dapat bertahan paling tidak sampai dua decade mendatang (sejak tahun 2008).
    0

    Add a comment



  9. Tiga komponen utama dalam komputer

         Komputer dewasa ini bukan lagi menjadi bahan yang mewah, apalagi hanya dimiliki oleh orang kaya. Akan tetapi sudah menjadi kebutuhan sekunder bahkan merambah ke kebutuhan primer bagi beberapa orang yang memiliki profesi yang erat hubungannya dengan informasi, bisnis, ataupun dunia pendidikan. Bahkan sekarang mulai berkembang dengan maraknya para pelajar yang memiliki laptop dengan harga yang mulai terjangkau semua kalangan. Kali ini akan saya bahas sedikit tengtang komponen utama dari sebuah komputer ataupun laptop.

         Pada umumnya sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu :
    1 Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika.
    2 Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer.
    3 Brainware (SDM).

         Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
    1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
    2. Memori, ini juga dibedakan menjadi dua yaitu:
     
    a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah
    • Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
    • kecepatan tinggi
    • akses random (acak)

    b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
    • non volatil atau persisten
    • kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
    • akses random atau sekuensial
    • Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
     
    3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
    • Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
    1 - keyboard
    2 - mouse
    3 - touch screen
    4 - scanner
    5 - camera
    6 - modem
    7 - network card
    8 - dll
    • Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan :
    9 - Monitor
    10 - Printer
    11 - Speaker
    12 - Plotter
    13 - Modem
    14 - network card
    15 - dll
     
         Selanjutnya adalah Perangkat Lunak
    Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
    1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
    2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
    3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
    4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
    • pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
    • pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
    • presentasi : MS PowerPoint, dll.
    • desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
    5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C.
    6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
     
         Komponen yang terakhir yaitu SDM atau brainware. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
    1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
    2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer.
    3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.
    4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras komputer.

    5. Dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar